Pengertian Peripheral
Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke
komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat
peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan
tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam
casing.
1. Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh peripheral
utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan
untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan
lain-lain
Peripheral input
a.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port,
yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis
Keyboard :
1.)
QWERTY
2.)
DVORAK
3.)
KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip
seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1.
typewriter key
2.
numeric key
3.
function key
4.
special function key.
b.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
c.
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop
dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat
digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan
yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d.
Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk
modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki
sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,
dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris
per detik.
e.
Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer.
Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk
kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f.
Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi
alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat
elektronik dan buku.
g.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk
meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori
komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun
floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya
adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner
hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat
melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik
dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat
pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer.
h.
Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan
suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang
yang kita inginkan pada saat chating
i.
Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat
rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics
Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada
monitor.
Peripheral Output
a. Monitor
Monitor adalah periferal komputer
yang digunakan untuk menampilkan data yang sedang diproses oleh sistem komputer
yang selanjutnya ditampilkan kepada user. Secara umum, monitor terdiri atas dua
jenis yaitu LCD Monitor (Liquid Cristal Display) dan CRT Monitor (Catoda Ray
Tube). Jenis monitor yang paling baik digunakan adalah jenis LCD karena
memiliki radiasi sinar yang lebih rendah dan lebih hemat listrik dibandingkan
dengan CRT.
b. Printer
Printer adalah perangkat output yang
digunakan untuk mencetak data pada dokumen yang biasanya berupa kertas. Printer
sekarang, bukan hanya sebagai penetak dokumen saja, namun sudah dilengkapi
dengan scanner dan alat lain seperti card leader, LAN an sebagainya. Printer
terdiri atas beberapa jenis yaitu Buble Jet, Laser Jet, Ink Jet, Dot Metric,
Dye Sublimation. Dari sekalian jenis printer tersebut yang memiliki kecepatan
cetak paling tinggi adalah Laser Jet yang menggunakan Toner sebagai “Tinta”.
c. Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang
dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar
ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka
pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur
banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon,
ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.
d. Speaker
Speaker adalah peralatan output pada
komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan
terhunbung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa
suara dari komputer.Speaker adalah peralatan output pada komputer yang
berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan
soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari
komputer.Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi ;untuk
mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada
komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer.
Komentar
Posting Komentar